Student Super Camp(SSC) 2012 #part 3

Abis acara pembukaan, dilanjutin makan malam. Dan ternyataa, mau makan aja pake games makan. Perut yang udah keroncongan gini harus melalui games ini kalo mau makan. Tentunya, semua juga kelaperan kepengin makan. Gamesnya gini, kita suruh buat kelompok makan. Tiap kelompok dipilih satu anggota untuk dipanggil keluar. Dia harus menghafal semua kode makanan yang dikatakan oleh panitia. Abis itu, dia gantian ngajarin anggota kelompoknya buat ngafalin tuh kode. Contoh: nasi: ketua, sendok: sekretaris, gelas: bendahara, dan masih banyak banget. Setelah pada hafal, tiap kelompok maju bergantian buat mengambil makanan. Yang bikin deg-degan tu pas panitia milih satu anggota buat nentuin nasib semua anggota kelompok. Jadi, dia yang dipilih harus nyebutin kode makanan tiap mau ngambil makanan itu, dan kalo sampe salah nyebut kode, nggak boleh ambil tu makanan. Apapun yang dia dapetin, itulah yang boleh diambil oleh semua anggota kelompok. Sengsaranya, tiap mau makan pasti ada game makanan dan kodenya ito lho. Ganti-ganti tiap mau makan. Tapi ada keasyikan tersendiri dan juga hikmah dibalik games itu. Tiap kelompok harus kompak buat ngehafalin semua kode, dan belajar mempercayai orang lain untuk menentukan nasib semua anggota.

Malam itu acaranya diisi ceramah2 panjang, trus ditutup dengan ESQ kaya biasanya. Lucunya, tiap abis nangis2 gitu, eh keluarnya juga pada ketawa2 cekikian lagi. Sekitar jam 11 kita baru memasuki kamar kita tercinta, dan sepertinya anggota2 kamar no 3 ini pada kelelahan semua deh, baru beberapa menit setelah merebahkan diri di kasur, udah pada ngimpi semua tuh.

Paginya, untung kita nggak bangun kesiangan. Abis solat subuh, sekitar jam setengah 6, kita langsung disuruh lari2 ke lapangan yang jaraknya nggak deket. Dingiiin banget rasanya. Di lapangan itu, kita senam pagi, terus dilanjutin games2 ala outbond. Mulai dari nyari2 anggota kelompok dengan cara bersiul, trus buat yel2 kelompok, buat menara sepatu paling tinggi, main kereta2an yang mbingungin, dan permainan tiup balon. Dari semua permainan itu, yang paling berkesan adalah permainan yang terakhir. Kita semua disuruh niup satu balon sampe meletus. Kebetulan balonku gampang meletusnya, baru bentar langsung “duarrr!”. Serunya, banyak temen2ku yang takut niup balon, malah ada yang bener2 takut sama balon. Tapi, semua wajib melewati tantangan ini. Aku inget banget sama temenku dita, dia yang bener2 takut akhirnya berhasil menaklukkan si balon. Karena dia meletus terakhir kali, maka banyak sekali yang menyaksikan dan mendukungnya. Sepertinya, dia pemeran utama dalam permainan itu, hehe.. Hikmah dari permainan ini, kita harus berani menghadapi semua masalah dalam hidup ini, dan balon sebagai lambang dari masalah2 itu.

Acara siangnya yaitu diskusi kelompok dan dipandu oleh 1 panitia tiap kelompoknya. Diskusinya tentang masalah organisasi. Kita wajib mengemukakan masalah2 apa saja yang ada di organisasinya masing2. Setelah itu, kita cari solusinya bareng2. Tiap kelompok juga harus mempersiapkan presentasi dari kesimpulan diskusi tersebut. Pas semua kelompok udah ngumpul di aula, presentasi dan diskusi pun berlanjut lebih seru.

Sebelum acara penutupan, ternyata ada tamu spesial. Tamunya adalah koordinator pusat Forum Osis Nusantara (FON). Aku lupa namanya, dia ketua osis sma negeri 1 Malang. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman2nya selama di FON. Ditayangin semua kegiatan yang udah diadakan oleh FON. Abis itu dibuka sesi tanya jawab tentang FON ataupun tentang organisasi. Banyak juga pertanyaan yang muncul. Nah, dari adanya FON inilah terbesit ide untuk mendirikan forum osis di kota kita tercinta. Tapi, aku nggak tau perkembangannya saat ini. Semoga aja berhasil didirikan.

Sekitar jam setengah 4, acara SSC 2012 resmi ditutup. Kita bergegas beres2 kamar dan langsung masuk bis semua. Kali ini untungnya aku nggak berdiri lagi. Semua cewek dapet tempat yang nyaman deh. Tinggal yang cowok2 yang berdiri di belakang. Perjalanan pulang itu terasa cepet banget. Nggak terasa acara yang berlangsung 2 hari ini udah berakhir. Saat turun dari bis, rasanya nggak mau pisah sama temen2 baruku ini. Bener2 pengalaman yang berharga dan asyik banget kalo ketemu temen2 baru dari berbagai sekolah dan latar belakang berbeda.

*My dream: ikut acara camp serupa tingkat nasional*

Wednesday, March 14, 2012, 10:33 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s