Recommended book #1: ‘Dalam Dekapan Ukhuwah’

Subhanallah! Takjub luar biasa. Itulah yang akan kalian rasakan setelah membaca buku ‘Dalam Dekapan Ukhuwah’ karya Salim A.Fillah. Dengan alunan kata-kata yang indah, bahasa yang mudah dimengerti, serta pemilihan kisah-kisah dalam memperjuangkan Islam, yang benar-benar bermakna dan mengandung berjuta hikmah bagi kita semua. Terutama kisah hidup Nabi Muhammad Saw beserta sahabat-sahabatnya yang diceritakan ulang dengan bahasanya sendiri yang sangat menarik hati  agar kita selalu membaca, membaca, dan membaca kembali hingga mengetahui betul makna dan arti sesungguhnya dari kisah-kisah tersebut.

Benar kata pepatah, ‘Tak kenal maka tak sayang’, dan ‘Tak kenal maka ta’aruf’. Kita harus benar-benar mengenal Islam untuk dapat menyayangi serta menjalankan Islam secara kaffah atau keseluruhan serta tidak setengah-setengah. Bahkan, kita yang telah beragama Islam sejak lahir dan telah diberi pengetahuan perihal teladan kita sepanjang zaman, yaitu nabi besar Muhammad Saw, ternyata itu saja belum cukup untuk kita benar-benar mencintai Rasulullah Saw. Memang, nama itu telah sering didengung-dengungkan. Namun, mungkin hanya sebatas nama-nama saja yang kita ketahui. Mulai dari Nabi Muhammad Saw, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, serta masih banyak sahabat-sahabat Rasulullah lainnya yang sangat perlu untuk kita mengenal mereka lebih dekat. Tanpa kita sadari, mungkin selama ini, ternyata kita hanya menghafal nama-nama mereka tanpa mengenal kehidupan serta akhlaq mereka sesungguhnya yang begitu terpuji.

Semakin kita membaca buku ini, semakin dalam kita menyelami Islam. Semakin kita mengenal Islam, semakin besar cinta kita kepada Islam. Semakin kita mengetahui kehidupan Rasulullah, semakin tak sabar kita ingin bertemu serta bercengkerama langsung dengan sosok terpuji beliau. Semakin kita mengetahui akhlaq sahabat-sahabat rasul, semakin takjub kita dibuatnya. Setelah kita mengenal Islam dan Rasulullah, serta sahabat-sahabat nabi, maka secara otomatis kita akan lebih mencintai dan memercayai setulus hati tentang kekuasaan serta kasih sayang Allah Swt yang begitu dahsyat.

Dijelaskan pula bagaimana kesabaran Rasulullah dalam menghadapi berbagai cobaan maupun persoalan yang beliau hadapi. Bahkan Allah sendiri yang memuji Rasulullah dikarenakan akhlaqnya yang terpuji, melebihi bagaimana seharusnya beliau bertindak sebagai nabi dan rasul. Bagaimana kasih sayang antar sahabat-sahabat nabi yang begitu erat dalam dekapan ukhuwah. Mereka yang disatukan atas dasar persaudaraan Islam serta saling mencintai karena Allah. Mereka yang tulus berkorban untuk menegakkan agama Allah Swt. Mereka yang cintanya kepada rasul melebihi cintanya kepada diri sendiri dan keluarganya. Mereka yang mementingkan saudara seiman dan rela meninggalkan seluruh keluarganya demi kepentingan umat. Kita juga akan mengerti bagaimana sabarnya Abu Bakar, tegasnya Umar, lembutnya Ustman, serta bijaknya Ali. Mereka semua adalah sahabat-sahabat kesayangan Rasulullah yang telah begitu banyak mengorbankan harta, jiwa, dan raga demi kepentingan umat.

Bukan perjuangan yang mudah untuk dilalui oleh mereka yang menegakkan kalimat Allah di muka bumi saat itu, di zaman jahiliyah yang penuh kekacauan, kehancuran dan tanpa kasih sayang. Namun itu semua terasa indah apabila dilakukan dengan penuh keikhlasan dan keyakinan bahwa Allah lah yang selalu berada di dekat mereka sebagai pelindung serta penjamin surga bagi mereka yang syahid di jalan Allah. Bukan hanya kisah-kisah luar biasa yang dituliskan, di setiap akhir kisahnya selalu disampaikan hikmah yang dapat kita ambil sebagai bekal kehidupan nantinya. Sesuai judulnya, buku ini selalu mengedepankan akhlaq mulia nan terpuji, yang wajib kita lakukan sebagai seorang muslim kepada muslim lainnya. Bagaimana seharusnya kita saling bersaudara, dalam dekapan ukhuwah.  Bagaimana makna kehidupan sesungguhnya yang begitu indah apabila kita senantiasa berada di jalan yang benar, yaitu selalu taat kepada seluruh perintah Allah dan sunnah Rasulullah serta menjauhi segala larangan Allah.

‎April ‎15, ‎2012, 2:15 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s