Al-Qur’an Bukan Hanya Tekstual Belaka

Kebanyakan dari kita, mungkin hanya membaca Al-Quran saja tanpa mau memahaminya. Bahkan, ada pula yang masih enggan untuk membaca ataupun berusaha untuk dapat membaca Al-Quran. Kita merasa berat untuk mempelajari Al-Quran, lebih memilih membaca majalah ataupun novel. Masih mending jika yang dibaca ilmu pengetahuan yang mendidik, seperti buku matematika, fisika dan biologi, bukan hanya bacaan hiburan yang mungkin tidak mengandung nilai-nilai moral sama sekali. Namun, andai saja kita ketahui bahwa semua cabang ilmu pengetahuan itu berasal dari Al-Quran, maka kita akan berlomba-lomba mempelajari makna yang terkandung dalam al-quran, mukjizat terbesar yang pernah ada.

“Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan, maka barangsiapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya.” (Al Qur’an, 80:11-12)

Kewajiban kita adalah mempelajari Al-Quran yang telah diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Yang bersumber langsung dari Allah SWT, yang ilmu-Nya tak tertandingi. Sayangnya, kita sebagai orang islam sepertinya kurang memahami hakikat Al-Quran yang begitu luasnya. Bahkan, generasi muda saat ini cenderung tidak bersyukur atas karunia Allah dan terkesan tidak peduli dengan keberadaan Al-Quran. Pada ayat pertama diturunkannya Al-Quran, kita diperintahkan untuk membaca. Artinya, untuk mengarungi kehidupan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membaca. Nah, apabila membaca Al-Quran saja enggan, bagaimana bisa maju dan sukses? Namun, konteks membaca bukan hanya membaca buku, kita juga harus pandai membaca situasi, membaca perasaan orang lain, membaca alam semesta, dan yang terpenting, membaca hikmah dari semua kejadian yang terjadi di dunia ini.

Nah, kita sebagai orang muslim, seharusnya tidak kalah dengan orang-orang non muslim. Baik dari segi ilmu pengetahuan maupun teknologi. Karena sebaliknya, orang-orang non muslim begitu penasaran dan kemudian membaca serta mempelajari isi kandungan ayat-ayat Al-Quran. Banyak ilmuwan-ilmuwan non muslim yang menggunakan Al-Quran sebagai acuan penelitiannya. Ternyata, hasil dari penelitian-penelitian itu sama dengan apa yang dikemukakan dalam Al-Quran. Dengan hasil itu, tidak sedikit ilmuwan-ilmuwan yang masuk Islam, karena begitu terkesima dan yakin akan kebenaran Al-Quran yang datangnya langsung dari Dzat yang Maha Mengetahui. Dengan begitu, marilah kita, yang mungkin telah beragama Islam dari lahir, seharusnya lebih mengetahui dan memperhatikan isi kandungan Al-Quran.

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (Al Qur’an, 4:82)

Inilah beberapa ilmu pengetahuan modern yang mengungkap keajaiban Al-Quran, yakni: angin yang mengawinkan tumbuhan, proses pembentukan hujan dan langit yang mengembalikan air ke bumi, pemisahan langit dan bumi serta mengembangnya alam semesta, matahari yang mempunyai garis edar, bagian otak yang mengendalikan gerakan kita, perkembangan bayi dalam rahim dan proses penciptaan manusia, tanda pengenal manusia yang terletak pada sidik jari, dan informasi mengenai masa depan (contoh: kemenangan Bizantium).

Begitu banyak peristiwa yang membuktikan keaslian Al-Quran dan juga bukti-bukti yang menjelaskan keajaiban Al-Quran. Masihkah kita ragu atas mukjizat terbesar ini? Sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk mengelak dan enggan mempelajari isi kandungan Al-Quran. Karena, satu-satunya cara untuk sukses menggapai cita-cita dunia dan selamat di yaumul akhir kelak ialah membaca serta mempelajari Al-Quran, pedoman hidup seluruh umat. Semoga kita semua senantiasa menjadi hamba-hamba Allah SWT yang berpegang teguh pada prinsip-prinsip Al-Quran dan termasuk orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

“Dan Al Qur’an itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.” (Al Qur’an, 6:155)

Intinya, jangan hanya membaca Al-Quran secara tekstual namun tidak mengerti tentang apa yang kita baca, pelajari pula makna dan informasi-informasi penting dalam Al-Quran sebagai bekal kehidupan di dunia yang fana ini. Mari kita membaca Al-Quran, mari kita mempelajari Al-Quran, mari kita temukan fakta-fakta luar biasa lainnya dalam Al-Quran, karena ilmu pengetahuan itu tidak terbatas.

Tuesday, August 07, 2012, 12:20:15 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s