Ayo Jadi PENULIS!!!

Aku lagi semangat-semangatnya nih, semangat banget buat nulis, apalagi kalo abis baca-baca buku about tulis menulis. Kaya dapetin motivasi yang nggak abis-abisnya. Tapi, kalo lagi males ya susah banget deh buat nulis, walaupun cuma sekedar nulis diary atau apalah yang simpel-simpel. Sekarang aku baru nyadar kalo ternyata nulis itu nggak cuma pas pengen apa nggak pengen. Kalo emang pengen lihai dalam menyusun kata-kata, ya emang harus belajar dari awal. Nggak bisa langsung jadi suatu karya yang woow, semua harus diawali dari belajar dan terbiasa. Kita harus melewati suatu proses panjang, dan yang terpenting, kita harus bisa menikmati proses itu.

Nulis itu nggak perlu keahlian, nulis itu nggak usah mikir lama-lama, nulis itu nggak perlu inspirasi, nulis itu nggak perlu persiapan, nulis itu nggak perlu bahasa tingkat tinggi and nulis itu nggak perlu ini itu yang aneh-aneh lainnya. Kenapa bisa gitu? Yang pertama, nulis itu nggak perlu keahlian, tapi nulis itu cuma butuh latihan. Nulis juga nggak butuh mikir lama-lama coz kalo mikirnya lama pasti nggak nulis-nulis tuh, hehe.. Bercanda. Yang jelas, kalo cari gampangnya, kamu cuma perlu cerita atau curhat dalam bentuk tulisan. Tinggal tulis aja apa yang sedang kamu rasakan. Pasti deh, bisa ngalir panjang tuh tulisan. Coz kalau kita cerita juga nggak ada habis-habisnya kan? Bayangin aja kamu lagi cerita ke temen atau sahabat kamu, bahkan cerita pada tuhan tentang apa saja yang kamu rasakan, apa saja yang kamu inginkan. Yang ketiga, nulis itu nggak butuh inspirasi. Kita nggak perlu cari-cari inspirasi yang muluk-muluk kalau mau nulis. Tulis aja mulai dari hal-hal yang sederhana. Kaya sekarang nih, karena aku lagi nulis, makanya aku juga tergerak untuk menulis about menulis too. Mungkin aja nanti kita terdampar di perpustakaan, yaudah, nggak usah pusing-pusing cari entu inspirasi, kita tulis or deskripsikan aja tentang perpustakaan di sana. Selesai kan? Lanjut nih, nulis pun nggak perlu persiapan yang susah, kita hanya perlu ambil pensil dan kertas, kemudian toreskan hal apapun di sana. Atau kalau kebanyakan anak sekarang pake laptop, manfaatkan aja tuh laptop suruh temenin kita dmn aja. Yang terakhir, nulis itu nggak perlu bahasa tingkat tinggi bagaikan penyair handal atau pengarang best seller. Yang namanya nulis, berarti semua aturan di kertas itu murni kekuasaan penulis. Pokoknya tulis aja pake bahasamu sendiri, bahasa yang umum dan sering kalian gunakan. Nah, nulis itu gampang kan?

Nggak ada alasan orang buat ngomong “aku nggak bisa nulis”, yang ada adalah “aku nggak mau nulis”, nah itu kembali pada kemauan dan niat awal dari hati kita. Yang jelas, nulis itu gampang, semua orang bisa nulis, semua orang punya ide yang cemerlang dan unik dari dirinya masing-masing. Marilah kita menulis untuk saling berbagi dan bertukar pikiran. Nggak mungkin banget kan kalo semua orang idenya sama, kalopun sama, pasti ada sudut pandang tertentu yang berbeda. Coba kita bayangin kalo semua orang di dunia mau menulis dan berbagi ide serta bertukar pikiran masing-masing untuk kemajuan bersama, pasti dunia ini akan penuh berbagai inspirasi yang unik, asyik dan tentunya menarik untuk dibuat di dunia nyata atau direalisasikan.

#For catatan: sebenarnya, penulis juga belum sepenuhnya melakukan semua nasehat di atas, karena penulis pun masih dalam tahap berusaha, berusaha, berusaha dan berdoa menjadi lebih baik lagi dan lagi. Nggak ada kata berhenti untuk terus belajar bagi para pembelajar. Jika kita menasehati orang lain, otomatis, itu pun sama saja menasehati dan mengingatkan diri sendiri akan suatu hal.

16 September 2012, 12:41 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s