Manfaat Ndengerin Lagu

Dengerin lagu adalah salah satu hobi yang hampir tiap hari aku lakuin. Dengerin lagu itu emang enak banget, bisa ngehibur hati yang lagi nggak enak. Lagu bisa mencairkan suasana yang kurang nyaman. Dengerin lagu sebaiknya dipilih yang lirik-liriknya sesuai keinginan hati kita. Tapi kalo lagi sakit hati, usahain jangan dengerin lagu-lagu cengeng, ntar malah tambah sedih, tau-tau air mata bisa netes sendiri tuh (haha, pengalaman). Cari aja lagu yang semangat empat lima-an, biar kita juga bisa ikut semangat lagi, nggak melulu terpuruk, segera bangkit lah, ato bahasa sekarang biasa disebut ‘move on’. Kecuali kalo emang lagi pengen ndengerin lagu yang slow-slow aja.

Lagu itu mbuat hati kita tenang, tergantung dari kesukaan kita sih. Kaya sekarang nih, aku lagi ndengerin lagu westlife yang lagunya emang asyik untuk didengerin. Aku suka sama lagu-lagu westlife soalnya lagunya itu nggak terlalu slow tapi juga nggak terlalu yang keras-keras gitu. Jadi deh enak di telinga. Walopun sebenarnya aku juga nggak tau maknanya, orang artinya aja sering nggak ngertinya. Tapi itu nggak masalah sih, nggak mengurangi keelokan lagu itu.  Kecuali kalo aku lagi pengen nyanyiin tuh lagu ato penasaran sama isi lagunya, baru deh searching di google.

Oya, kalo menurutku sih ada beberapa manfaat dari ndengerin lagu, khususnya ya buat aku sendiri. Inilah perinciannya:

  1. Yang jelas ya untuk hiburan, alesan paling umum yang banyak digunakan. Nggak bisa dipungkiri sih, kalo abis ngerjain banyak tugas ato abis ngejalanin hari-hari ulangan harian, kadang pikiran kita bisa puyeng tujuh keliling tuh. Otak juga butuh istirahat, butuh penyegaran kembali, salah satunya ya bisa dengan cara listening to music.
  2. Manfaat kedua, dengerin musik bisa nenangin hati, terutama bagi para galauwers yang bingung cari cara buat melupakan masalahnya. Menurutku, ndengerin music bisa juga jadi sedikit obat galau. Lumayanlah, bisa sejenak ngelupain masalah yang kita hadepin.
  3. Buat nostalgia. Lagu itu bisa banget buat kita kebawa dengan liriknya yang mungkin berhubungan sama masa lalu kita. Ato bisa juga di saat-saat tertentu, kita sering dengerin satu lagu, dan akhirnya lagu itu seperti bersejarah buat perjalanan hidup kita.
  4. Sarana pembelajaran. Kalo buat aku, lagu bisa juga buat belajar, khususnya belajar bahasa inggris. Kita bisa dengerin lagunya dulu berkali-kali buat mengetahui liriknya. Setelah itu, baru kita buka kunci aslinya ato liriknya. Kalo liriknya sesuai sama perkiraan kita, berarti pelajaran bab listening kita baik. Selanjutnya kita pahamin isi liriknya, dan kalo ada kata-kata yang kurang dimengerti, cari aja di kamus. Itung-itung nambah vocab kita.
  5. Manfaat terakhir ini yang agak aneh, yaitu buat membunuh waktu. Biasanya, kalo aku lagi sendirian dan nggak ada kerjaan, yaudah deh, ambil hp ambil headset, pasang di telinga, setel dengan volum sedang. Nah, dengan cara gitu, aku nggak bakal ngerasa kesepian lagi, haha.. Sebenernya kalo dipikir-pikir, emang kurang efektif sih, malah bisa aja ngerugiin kita sendiri. Waktu yang bisa kita pake buat hal lain, malah terkesan dibuang-buang percuma. Tapi, udah tau gitu, tetep aja aku lakuin. Maklum, dasarnya emang males mo ngapa-ngapain.

Yah, itulah kawan-kawan, fungsi dan manfaat dengerin music menurut pendapatku sendiri (versiku) dan berdasarkan beberapa fakta, ditambah pengalaman pribadi. Jadinya ya seperti tertulis diatas itu. Intinya, boleh-boleh aja ndengerin lagu, asal jangan kebablasan deh sampe ngelupain kewajiban-kewajiban kita. Semoga post ini bermanfaat dan kalo ada saran n tambahan lainnya, silahkan komen diba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s