Hasil UH and the 1st Try Out

Kemaren sabtu, hasil UH dan try out pertamaku akhirnya keluar juga. Hasilnya bener-bener nggak memuaskan. Kita bahas UH dulu deh, rangking kelasku turun drastis 2x lipatnya. Emang sih nilaiku nggak jelek-jelek amat, tapi remednya itu lhoo, banyak banget. Tapi nggak papa, ini hasil terbaik yang Allah berikan buat aku. Asal temen-temen tahu aja, kalo Allah kasih nilai bagus sekarang, mungkin aku bisa langsung gede kepala. Apalagi kalo dapet pujian sana-sini, beneran deh jadi melayang-layang saking senengnya, and itu sering membuatku terpeleset (maksudnya nilainya).

Salah satu kakak sepupuku pernah menghiburku saat aku cerita kalo aku banyak remednya di pelajaran pokok alias yang buat UN, dia bilang  “udah nggak papa, remed itu biasa, malah yang sekarang remidi, biasanya besok akan melebihi yang nggak remidi di akhir cerita”. Kalo dipikir-pikir, logis juga sih, soalnya yang remidi akan merasa kurang dan segera berusaha memperbaiki nilainya, sedangkan yang udah tuntas mungkin merasa sudah baik sehingga usahanya berkurang.

Dimana-mana, yang namanya mempertahankan itu jauh lebih susah daripada mencapainya. Contohnya aku sendiri aja deh, kalo aku udah dapet nilai bagus and rangking atas, secara nggak sadar tuh usahaku dalam belajar berkurang. Alhasil pada ulangan berikutnya sering digusur dari sepuluh besar, hehe..

Cerita selanjutnya mengenai hasil try out UN ku yang pertama kali. Cukup melegakan tapi juga mengenaskan. Melegakan karena dikertas itu tertulis huruf “L” yang berarti lulus. Mengenaskan karena ternyata nilai rata-rataku termasuk rendah di kelasku. Aku kadang juga sebel, sedih, bingung harus gimana lagi, soalnya aku itu males banget buat belajar (huu.. dasar!). Parahnya lagi, aku juga nggak ngambil les dimana-mana, jadi aku terpaksa harus memaksakan diri buat mau belajar. Minimal ya mulai detik ini juga.

Hikmahnya adalah, semua itu nggak harus selalu berhasil terus-menerus. Terkadang kita menemui kegagalan untuk mengoreksi & mengevaluasi diri, serta sebagai pelecut semangat untuk lebih giat lagi. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan, tapi perlu diingat juga bahwa tanpa ikhtiar dan doa, semua itu nggak akan ada apa-apanya. Mungkin Allah sedang menguji seberapa kuat kita bertahan untuk terus berusaha, belajar, dan belajar lagi. Yakinlah bahwa ”sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyiroh:5)

Senin, 19 November 2012, 3:45:39 PM

3 thoughts on “Hasil UH and the 1st Try Out

  1. Hmm.. Tetap semangat ukhti..
    bisa jadi Alloh menguji seorang hamb-Nya karna Dia mencintai hamba tersebut.. agar Dia tidak lalai dan senantiasa dalam kewaspadaan akan cobaan berikutnya..
    dan mungkin salah satu dari hamba tersbut adalah anti🙂
    #Alloh tak akan menguji seorang hamba di luar batas kemampuannya. So, I`m sure U can solve all those problems ^^

Tinggalkan Balasan

