Tumbuhkan Jiwa Pengusaha

Negara maju adalah negara yang terdiri dari banyak pengusaha. Jika suatu negara ingin maju, sekurang-kurangnya harus ada 2% pengusaha dari total penduduknya. Pengusaha akan membawa dampak positif bagi tingkat perekonomian suatu negara. Pengusaha juga berperan nyata dalam memberantas kemiskinan dengan jalan mengurangi tingkat pengangguran. Tingkat kemiskinan Indonesia masih terhitung sangat tinggi, hal ini berkaitan erat dengan sedikitnya jumlah pengusaha di Indonesia.

Sedikitnya pengusaha di Indonesia, bukan dikarenakan ketidakmampuan masyarakatnya, namun lebih dikarenakan ketidakmauan masyarakat untuk mengelola usaha sendiri. Masyarakat lebih senang jika bekerja untuk orang lain. Kebanyakan dari mereka tidak berani menanggung resiko dalam berbisnis. Padahal, keberanian itulah yang akan membawa kepada perubahan dan menuju pada tangga kesuksesan. Karena bisnis adalah suatu usaha mandiri dan tidak memiliki ketergantungan pada pihak lain.

Rendahnya minat untuk menjadi pengusaha adalah penyebab lambatnya peningkatan ekonomi Indonesia. Hanya segelintir mahasiswa yang jika lulus berniat menjadi pengusaha, sisanya ingin bekerja untuk orang lain atau menjadi pegawai. Maka dari itu, sejak kecil anak-anak harus ditanamkan jiwa bisnis. Bahkan jika memungkinkan, kewirausahaan dapat dijadikan mata pelajaran tambahan di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA. Mari kita tumbuhkan jiwa pengusaha untuk kemajuan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s