Aksi Peduli Lingkungan Sobat Bumi untuk Indonesia

Mengapa kita harus menjaga lingkungan? Mengapa kita perlu menghemat energi? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut telah banyak didengar oleh sobat bumi sekalian. Namun pertanyaan selanjutnya adalah, apa tindakan nyata yang telah sobat bumi lakukan? Mengapa kita harus peduli dengan itu semua?

Menghemat energi dan menjaga lingkungan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Jika kita menghemat energi, otomatis kita turut serta menjaga lingkungan. Dengan menghemat energi berarti menjaga keberadaan sumber daya alam di bumi. Marilah kita memberi perhatian khusus pada upaya-upaya pelestarian lingkungan. Apabila kita menjaga lingkungan, lingkungan pun akan menjaga kita.

Ingatlah sobat, bumi kita telah rusak, es-es di kutub telah mencair, lapisan ozon telah berlubang, hutan-hutan telah ditebang, dan minyak bumi entah kapan akan hilang. Akankah sobat bumi tetap diam di tempat melihat segalanya berjalan tanpa kepastian? Tidakkah sobat tergerak untuk ikut berpartisipasi melakukan aksi peduli lingkungan dalam rangka menghemat energi serta menjaga lingkungan?

Ayolah sobat, kita adalah sobat bumi! Manusia seharusnya bisa bersahabat dengan bumi, jangan malah sebaliknya, sering menyakiti bumi dengan beragam tingkah polah manusia yang tidak ramah lingkungan. Mari kita bangkit dan bersatu melakukan aksi nyata demi kelestarian bumi dan alam kita, demi terciptanya suasana ramah lingkungan, dan demi kelangsungan hidup masa depan.

Mulai dari Dirimu

Jika ingin mengubah sesuatu, ubahlah dirimu sendiri dahulu. Jika ingin memulai sesuatu mulailah dari dirimu sendiri. Demikian juga dengan upaya sobat bumi dalam aksi hemat energi dan pelestarian lingkungan. Tentunya sobat bumi setuju bahwa cara terbaik untuk mengajak orang lain adalah memberi contoh nyata. Maka dari itu, tanamkan rasa cinta lingkungan dalam hati sobat bumi sekalian. Jika telah terbentuk kesadaran diri, baru ajak teman-teman yang lain untuk ikut berpartisipasi menyelamatkan bumi kita.

Berikan contoh-contoh nyata yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya buang sampah pada tempatnya, memakai kembali tas plastik yang masih layak, menjaga kebersihan lingkungan dan mendaur ulang barang-barang bekas. Intinya, mulailah dari dirimu, mulailah dari yang sederhana dan mulailah sekarang juga.

Sedikit Dulu, Gak Masalah

Memang tidak mudah untuk menanamkan kesadaran pada seluruh rakyat Indonesia agar peduli lingkungan. Apalagi mengubah kebiasaan buruk yang telah mendarah daging. Perlu perjuangan dan kerja keras dari seluruh sobat bumi di Indonesia. Namun jangan khawatir, selalu ada solusi di setiap permasalahan. Mulailah sedikit demi sedikit, dengan pendekatan yang baik, dan jangan memaksakan sesuatu yang belum datang dari hati. Jangan bebankan sesuatu yang berat bagi orang awam yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya lingkungan. Mulailah sedikit demi sedikit dahulu.

Untuk menyelamatkan bumi, sebenarnya hanya membutuhkan sedikit hal. Apa itu? Yakni, sedikit kesadaran, sedikit kebiasaan dan sedikit perubahan. Kenapa sedikit? Jangan salah, dari sesuatu yang sedikit itu bisa berdampak sangat besar jika dilakukan oleh seluruh sobat bumi di negeri Indonesia. Indonesia memang sangat kaya akan sumber daya alamnya yang perlu dijaga, namun Indonesia pun memiliki sumber daya manusia yang banyak dan beragam. Sehingga, jika kita bersatu, sangat mungkin suatu keajaiban akan terjadi.

Kita butuh kesadaran untuk menekankan pada diri sendiri agar tidak mencemari lingkungan. Dari kesadaran itu akan meningkat menjadi kebiasaan, tentunya jika dilakukan dengan rutin. Kebiasaan akan menghasilkan perubahan. Nah, segalanya tentu butuh proses. Tidak mungkin semua berubah dalam sekejab. Mungkin hanya sedikit perubahan, tetapi jika itu dilakukan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, tentu akan lain ceritanya, dan pastinya akan berdampak sangat besar bagi kelangsungan hidup di bumi. So, semua itu tidak sesulit yang kita bayangkan. Mulailah dari yang kecil, semua akan tampak mudah untuk dilakukan.

Ingat Pesan SPBU: “Hemat BBM!”

goSobat bumi tentu sering melihat poster besar di SPBU Pertamina, dengan tulisan “Mari Hemat BBM!”. Nah, apa sih itu BBM? BBM adalah kepanjangan dari Bahan Bakar Minyak, itu lho yang bisa bikin kendaraan kita jalan-jalan. Nah, saat ini BBM yang terbuat dari minyak bumi memang masih menjadi sumber energi utama bagi kendaraan bermotor.

Untuk sobat ketahui, minyak bumi adalah sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui. Proses pembentukannya saja bisa mencapai ratusan tahun karena terbentuk dari fosil-fosil makhluk hidup. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita mengikuti pesan SPBU, “Hemat BBM!”. Bayangkan, jika suatu hari nanti sumber energi minyak bumi habis, dengan apa motor dan mobil kita akan berjalan? Tentunya, mulai dari sekarang kita harus bekerja keras untuk mencari energi alternatif selain BBM.

Penerapan “Hemat BBM” ini bisa sobat lakukan dengan cara bersepeda atau bahasa gaulnya gowes. Jika ingin bepergian dengan jarak dekat, misalnya sekedar ke warung atau ke rumah teman, tak ada salahnya kita berangkat mengendarai sepeda. Sekarang pun banyak dicanangkan program “go green” di sekolah-sekolah.

Go green bertujuan untuk mengajak kita kembali ke alam, peduli lingkungan dan melakukan penghijauan. Nah, boleh lah momen tersebut dimanfaatkan untuk berangkat bersepeda bersama ke sekolah. Selain menyehatkan tubuh, dengan bersepeda kita turut melestarikan lingkungan. Bahkan, di beberapa negara maju, banyak ditemui masyarakatnya yang telah memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. Kebiasaan inilah yang wajib dicontoh oleh orang Indonesia!

Pakai Mobil  Pribadi, Egoiskah?

Pertanyaan di atas mungkin sedikit membingungkan. Nah, buat gampangnya begini, kalau sobat pakai mobil pribadi seorang diri, padahal kapasitas mobilnya delapan orang, apa namanya bukan egois tuh? BBM yang pada jarak segitu bisa dimanfaatkan oleh delapan orang, tapi hanya dipakai dirimu seorang (bukan maksud menyindir, cuma menyadarkan). Jika sobat masih sering melakukannya, berarti sobat belum melaksanakan pesan dari SPBU, “Hemat BBM!”.

Sama-sama jalannya macet, kenapa bukan kita saja yang mengalah menyimpan mobil dan beralih ke angkutan umum? Dengan menggunakan jasa angkutan umum, sebenarnya kita telah berjasa dalam tiga hal. Yang pertama, menghemat BBM. Kedua, mengurangi kemacetan. Ketiga, turut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi asap kendaraan bermotor.

Hargai Keberadaan Listrik

Listrik juga merupakan sumber energi yang tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Mungkin kita tidak bisa membayangkan jika hidup tanpa listrik bertahun-tahun. Hanya sekedar pemadaman bergilir saja sudah kelimpungan pusing tujuh keliling, apalagi hidup tanpa listrik untuk selamanya. Nah, saking berartinya listrik dalam kehidupan kita, sudah sepatutnya jika kita wajib menghargai keberadaan listrik. Jangan seenaknya menggunakan listrik, gunakan seperlunya dan matikan sesudahnya. Jangan kita semena-mena menggunakan listrik, padahal masih banyak sobat-sobat kita di Indonesia yang belum bisa menikmati fasilitas listrik. Ayo, biasakan hidup hemat dan peduli lingkungan!

Kelestarian Pohon, Kelestarian Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia adalah negeri yang subur dan makmur. Hampir semua tanaman bisa tumbuh dan berkembang di negeri tercinta Indonesia ini. Sehingga, pohon dan tanaman adalah sahabat kita sehari-hari. Banyak ketergantungan rakyat Indonesia pada pohon. Sobat bisa bernafas segar menghirup oksigen karena pohon. Sobat dapat menikmati berbagai buah-buahan karena pohon. Sobat bisa terhindar dari musibah banjir dan tanah longsor pun berkat adanya pepohonan.

black_forest012-57554Dengan pentingnya peran pohon bagi kehidupan masyarakat Indonesia, maka tidak salah jika menyebut bahwa kelestarian pohon adalah kelestarian Indonesia. Sekarang, tinggal bagaimana upaya sobat bumi untuk melestarikan pepohonan. Caranya mudah dan simpel, tanamlah pohon di sekelilingmu, rawat dengan baik, dan rasakan kemanfaatannya. Dengan begitu, program pemerintah “Gerakan Menanam 1 Milyar Pohon” akan tercapai.

Tidak hanya itu saja, sobat bumi juga dapat melestarikan pohon dengan cara menghemat penggunaan kertas, karena hal itu ternyata sangat berarti untuk kehidupan. Jika seluruh sobat bumi bersedia menghemat penggunaan kertas, ada berapa hektar hutan yang berhasil terselamatkan? Ada berapa pohon yang terbebas dari penebangan? Ada berapa liter oksigen yang dihasilkan? Ada berapa nyawa terselamatkan dari banjir dan tanah longsor?

Berikan Warisan Terindah

Layaknya orangtua, semua orang pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Rumah yang baik, lingkungan yang baik dan peninggalan yang baik pula. Bayangkan jika sobat bumi adalah para orangtua tersebut, tentu sobat berharap jika anak cucu kita kelak mendapat kehidupan yang lebih baik. Jangan buat mereka menderita karena tingkah ulah kita. Itu semua hanya akan terjadi jika kita telah mempersiapkannya sejak dini.

Contoh paling sederhana adalah menanam pohon. Sekalipun kita belum sempat menikmati hasilnya, tapi anak cucu kitalah yang akan memanen manfaatnya. Itu hanyalah contoh kecil, masih banyak hal-hal yang bisa sobat berikan untuk generasi penerus kita. Minimal dengan cara menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.

Ingatlah sobat, bahwa sepanjang kita masih hidup, sepanjang itulah tongkat estafet tanggung jawab pemeliharaan bumi ada di tangan kita. Jadi, berikan usaha terindah, berikan hal-hal terindah, dan berikan warisan terindah berupa lingkungan yang nyaman, alam yang sehat, serta tersedianya energi yang mencukupi di negeri Indonesia tercinta. Ingat, jangan hanya ditulis, jangan hanya dibaca, tapi ikutilah aksinya!

December 05, 2012, 7:45:11 PM

Pertamina

28 thoughts on “Aksi Peduli Lingkungan Sobat Bumi untuk Indonesia

    • Trimakasih rani.
      Memang benar bahwa bumi bagaikan rumah kita sendiri yang tidak hanya kerapian dan kebersihannya yang wajib kita jaga, namun juga kelestarian alamnya untuk kehidupan anak cucu kita di masa depan.
      Alhamdulillah jika bahasanya mudah dipahami.

  1. Setuju ayoo GO GREEN…
    selamatkan bumi kita🙂
    klo gak kita siapa lagi yang bisa selain kita sebagai generasi muda. SEMANGAT…

  2. “Intinya, mulailah dari dirimu, mulailah dari yang sederhana dan mulailah sekarang juga.”
    setuju setuju GO GREEN SOBAT!🙂

    • Semoga tujuan buat membawa perubahan di bumi bisa diikuti oleh semua teman-teman kita, tinggal dibutuhkan kesadaran bahwa yang hidup di bumi ini memiliki kewajiban untuk turut menjaga lingkungan dengan cara hemat energi tentunya.

    • Iya kurnia, bener banget. Sebenernya itulah pesan paling utama, kalo dari hal yang paling gampang aja nggak bisa, pasti susah untuk melakukan yang lebih besar. Begitu pun sebaliknya, kalo dari hal yang gampang sudah dilakukan, otomatis akan meningkat pada gerakan yang lebih besar.

  3. setuju🙂
    planet mars yg katanya nggk ada kehidupan aja msh punya lapangan es yg luas di kutub utara utk menstabilkan suhunya.
    apalagi bumi yg dihuni bnyk makhluk hidup, perlu suhu yg stabil jg dong..
    jaga kutub utara, jaga bumi, jaga anak cucu kita, go green !

    • Wah, komen yang menarik. Trimakasih sudah memberi informasi tentang planet mars.
      Saya setuju, bumi sangat perlu suhu yang stabil agar tidak terjadi global warming dan mencairnya es di kutub yang sudah semakin menipis. Bahaya juga kalau es kutub mencair, bisa tenggelam beberapa daratan di bumi.

    • Hehe, komen yang cerdas, simpel, tapi mengena.
      Bener-bener pendukung setia setiap gerakan perubahan yang membawa pada kebaikan. Tentunya agar terciptanya keadaan yang nyaman, tentram dan damai. Termasuk aksi peduli lingkungan yang dilakukan sobat bumi pastinya.

  4. setuju bgt nih sama artikelnya. banyak orang bilang “go green” tp nggak melaksanakannya. buktinya masih banyak yg buang sampah sembarangan, nebang hutan, dll. so, mari kita jaga dan lestarikan lingkungan disekitar kita!🙂

    • Semoga kita bukan termasuk di dalamnya. Makanya, kita jangan cuma omong, tapi buktikan mulai dari hal yang kecil dengan buang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, kita telah menjaga lingkungan lho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s