Siti Nur Haliza: Pesona Pendendang Lagu Melayu

sit3

Siti Nur Haliza adalah salah satu penyanyi favorit saya. Penyanyi Malaysia ini bukan hanya memiliki kemampuan menyanyi yang sangat bagus, namun juga ditambah cengkok-cengkok melayu yang belum tentu bisa dilakukan penyanyi Indonesia. Bukannya tidak mencintai karya-karya bangsa Indonesia, namun harus diakui bahwa lagu-lagu siti pun sempat menguasai pasar Indonesia di masa keemasannya. Itu artinya kualitas siti pun memang telah diakui di kancah Internasional.

Lagu-lagu melayu dilantunkan dengan sangat indah oleh siti. Lagunya pun terdiri dari beragam jenis yang memang enak didengarkan sesuai suasana hati. Ada yang bertempo cepat penuh semangat, namun ada pula yang bertempo lambat. Dengan dihiasi suara jernih siti, lagu apapun terasa indah di telinga.

Meskipun saya yang hidup di Indonesia kurang bisa memahami beberapa makna kata-kata yang dinyanyikan, namun itu tidak mengurangi keindahan dari kesatuan keindahan yang siti bawakan. Kenapa saya sebut kesatuan? Karena memang siti bukan hanya sekedar penyanyi biasa, namun juga didukung oleh eloknya lagu-lagu yang dibawakan. Apalagi bila didengar oleh orang Indonesia, kita serasa disuguhi karya yang memiliki kekhasan tersendiri, yakni cengkok melayu dan bahasa yang unik jika di terdengar di telinga kita. Seperti mendengarkan lagu dengan bahasa Indonesia yang kata-katanya tersusun indah layaknya puisi. Mungkin karena kata-kata yang terbolak-balik atau kata-kata yang pengucapannya agak berbeda. Namun, di situlah letak kekhasan, keelokan, dan keindahannya bersumber.

Jika dilihat dari segi bahasa, sebenarnya juga tidak terlalu berbeda jauh dengan bahasa kita. Maka, pantas jika lagu-lagu siti bisa jadi pengobat rasa bosan dengan lagu-lagu Indonesia. Bukan karena tidak bagus, namun mungkin bosan karena jenis lagunya yang itu-itu saja. Sedangkan lagu-lagu siti membawa perubahan kepada jenis lagu melayu, namun kita tetap bisa mengikuti dan mengerti apa yang diucapkan. Meskipun tidak semua isinya dapat dipahami, minimal kita tahu apa yang dilafalkan, sehingga kita bisa dengan mudah ikut menyanyikannya. Dengan begitu, kita bisa turut belajar bahasa melayu yang merupakan rumpun bahasa Indonesia. Banyak kata-kata yang sama, sehingga tidaklah sulit jika ingin mempelajari bahasa melayu. Tak ada salahnya jika diawali dari mendengarkan lagu-lagu siti.

Salah satu sisi yang membuat saya mengagumi beliau, siti nur haliza ialah penyanyi yang benar-benar mengandalkan kualitas, bukan hanya menonjolkan penampilan. Meski tidak bisa dipungkiri, siti pun memiliki paras wajah yang cantik. Namun, ia selalu tampil sopan dengan baju panjang dan tidak banyak ‘polah’ jika sedang berada di panggung. Karena itulah saya menyebutnya penyanyi berkualitas, dan bukan hanya karena penampilan seksi yang mungkin banyak ditonjolkan oleh penyanyi-penyanyi zaman sekarang. Sedangkan kualitas masih dipertanyakan, meski tidak semua penyanyi begitu.

December 22, 2012, 8:26:33 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s