Rohis: Perjuangan tuk Raih Ridha Ilahi

Selama ini rohis yang kita kenal adalah, sebuah organisasi di lingkup sekolah yang bergerak dalam bidang keagamaan, tentunya agama Islam. Rohis adalah wadah atau tempat berkumpulnya para aktivis dakwah untuk menyatukan tekad serta tujuan demi mengemban tugas dakwah yang sebenarnya diwajibkan atas semua orang muslim. Dakwah sendiri dapat diartikan sebagai upaya mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Di dalam lingkaran sekolah, rohis mempunyai tugas dan tujuan yang jelas. Yakni, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa-siswi di sekolah. Maka, semua siswa-siswi yang bergabung dan dengan suka rela terjun dalam dunia rohis, pastilah mereka adalah orang-orang yang mau menegakkan kebenaran, menegakkan kalimat Allah dan beramal untuk sesama. Semua itu semestinya dilakukan dengan penuh keikhlasan karena Allah ta’ala. Jika kita ikut berdakwah di lingkungan rohis, itu artinya kita telah menolong agama Allah.

 “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” (Q.S. Muhammad, 47:7)

Sedikit pesan bagi aktivis-aktivis rohis: “Bagi para aktivis rohis, jangan mudah menyerah jika diterpa berbagai badai cobaan, karena Allah telah berjanji akan menolong dan meneguhkan kedudukanmu. Tetaplah berusaha dengan berbagai upaya yang baik untuk menegakkan kalimat Allah. Berikan usaha terbaikmu, berikan energi terbaikmu dan selalu berikan yang terbaik untuk Allah.”

Bagaimana dengan program-program kerja rohis? Dengan melihat tugas serta tujuan  dibentuknya rohis, tentunya semua program kerja rohis selalu berorientasi pada usaha untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Banyak program dan kegiatan yang bisa dilakukan rohis, yakni pengadaan acara mentoring untuk meningkatkan iman serta ukhuwah islamiyah para siswa-siswi, pengajian akbar sekolah saat hari besar Islam untuk meningkatkan pemahaman ilmu agama, dan outbond ke alam untuk menikmati serta mensyukuri karunia keagungan ciptaan Allah yang begitu mengagumkan.

“Dan sesungguhnya kami benar-benar akan menguji kamu agar kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar kami menyatakan (baik buruknya) hal ikhwalmu.” (Q.S. Muhammad, 47: 31)

“Sesungguhnya besarnya pahala itu sesuai dengan besarnya ujian, dan sesungguhnya apabila Allah SWT mencintai suatu kaum, Allah akan mengujinya.”(HR.Tirmidzi)

Untuk seluruh pejuang dakwah, terutama kawan-kawan rohis, janganlah bersedih hati atas segala cobaan, sindiran, tuduhan dan berbagai aral melintang yang mungkin akan kita temui di kemudian hari. Semua itu adalah ujian dari Allah yang harus kita hadapi dengan penuh kesabaran.

Dakwah tak semudah yang kita bayangkan. Dakwah tak sekedar membalikkan telapak tangan. Dakwah menuntut keseriusan serta keteguhan iman. Kita tidak boleh berputus asa hanya karena sebuah cobaan. Tuduhan dan celaan hanyalah sebagai cambuk untuk lebih giat menebar kebaikan. Jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mari kita buktikan bersama bahwa rohis bukan sarang teroris. Tetaplah berjuang. Tetap semangat dalam “amar ma’ruf nahi mungkar”.  Kuatkan niat tuk raih ridha Ilahi. Ingatlah bahwa Allah tidak akan membiarkan dakwah tanpa para pejuang-pejuang-Nya.

2 thoughts on “Rohis: Perjuangan tuk Raih Ridha Ilahi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s