Kenapa Harus Belanda?

Perasaan saya terus meletup-letup ketika melihat foto atau membaca buku mengenai orang-orang yang sukses meraih beasiswa ke luar negeri. Rasanya, saya harus bisa seperti mereka. Kuliah di luar negeri adalah cita-cita saya sejak SMP. Setiap membaca kisah-kisah mahasiswa di perantauan, semangat menggebu-gebu itu selalu datang dan membangkitkan kembali semangat untuk terus belajar dan berusaha meraih mimpi-mimpi itu.

Sampai pada suatu hari, ada sebuah buku novel yang menarik perhatian saya. “Negeri van Oranje”, judul yang tertera di buku itu. Setelah sekian buku tentang berbagai negara saya lahap, akhirnya novel inilah yang berhasil memikat saya untuk studi ke Belanda. Kebetulan juga saat study tour ke Bali, saya berkesempatan bertemu orang Belanda dan berbincang dengannya. Dari pertemuan saya dengan beberapa bule dari beberapa negara, menurut saya orang Belanda inilah yang paling ramah. Dia pun tidak keberatan untuk diajak foto bersama dan malah merasa senang. Ya, meskipun satu orang tidak bisa mewakili suatu negara, entah kebetulan atau memang dasarnya seperti itu, namun setidaknya ada sedikit gambaran tentang orang Belanda, yakni melalui dia yang telah menunjukkan sikap ramah dan baik.

Novel tersebut menceritakan kisah kocak 5 mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di negeri kincir angin tersebut. Awalnya saya tidak tahu menahu mengenai Belanda. Yang saya tahu, Belanda adalah negara yang cukup membuat saya merasa marah jika mempelajari sejarah Indonesia. Maklum, Belanda telah menjajah Indonesia selama 350 tahun. Namun, novel ini memberi nuansa baru tentang Belanda. Menceritakan sisi-sisi lain Belanda yang jauh lebih menarik dibanding bicara tentang penjajahan. Bercerita kebudayaan-kebudayaan di Belanda yang  jarang diketahui orang. Hingga akhirnya saya jatuh cinta pada Belanda.

Nah, bagi yang ingin studi ke belanda atau malah belum punya keinginan sama sekali ke Belanda, baca deh buku ini! Berbagai hal menarik terkait Belanda dikupas tuntas di sini. Ada juga tips-tips agar bisa selamat bertahan hidup di Belanda.

‎May ‎20, ‎2013, ‏‎7:28:42 PM

2 thoughts on “Kenapa Harus Belanda?

  1. beberapa teman saya kuliah di belanda. mereka open minded. berbicara dengan bahasa inggris atau belanda.
    untuk beberapa jurusan mereka memiliki kredit yang apik. ada banyak beasiswa kesana.

    • ya, itu salah satu hal yang membuat saya pengen ke belanda. orang belanda telah terbiasa berbicara dalam bahasa inggris.
      terimakasih buat informasinya, nanti saya cari2 lagi tentang jurusan dan peluang2 beasiswanya.

Tinggalkan Balasan

