Bantuin Curang UN, Antara Sengaja dan Tidak Sengaja

Ngomong-ngomong soal Ujian Nasional nih, masalah kunci jawaban, njaplak, tirunan, itu mah udah masalah lama katanya. Yang lucu nih, pas keluar dari ruang ujian, ada salah satu temen yang menghampiriku. Dari mukanya sih udah keliatan cemas gitu. Terus tiba-tiba dia bilang gini, “Husna, gimana nih?”.

Aku bales tanya, “Gimana apanya?”.

“Gini, tadi itu ada temenku yang ngeluh gara-gara hp nya kegedean kalo buat njaplak ato buat sms. Terus, sadar gak sadar, secara spontan aku langsung bilang, pake hp ku aja nih.”

“Jadi, hp mu dipake buat njaplak?”, tanyaku lagi.

“Iya, makanya itu, gimana hus, aku dosa nggak ya? Padahal sebenernya gak niat juga bantu orang lain berbuat curang. Cuman akunya aja yang gak nyadar, keceplosan maksudnya.”

“Ya udah deh, yang penting niatku bantuin orang lain hus”, tambahnya. Aku tahu dia lagi nenangin diri sendiri, tapi dari raut mukanya, tetep aja masih kelihatan gelisah.

Saking seringnya dia bantuin orang lain, jadi tiap ada orang lain butuh bantuan, dia spontan aja nawarin bantuan. Haduh, emang orangnya itu baik banget, tapi kalo yang ini sih kebablasan, hehe..

#ya udah kawan, yang penting niatmu baik, ya walaupun gak ada pembenaran juga sih. Tapi yang jelas, kamu kan juga gak sengaja ngelakuin itu. Oke,oke?

#bagi kawan-kawan lain yang akan menghadapi UN, nggak perlulah kita berbuat curang dan menggadaikan kejujuran. UN adalah ajang pembuktian diri, dan di sinilah kita diuji. Hadapilah tantangan dengan ikhtiar, doa dan tawakal. Berusahalah, maka Allah dan Rasulnya yang akan melihat usahamu. Allah yang akan membalas semua kerja kerasmu.

April ‎25, ‎2013, ‏‎1:46:08 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s