UNDIP-Semester1#inspiratif

Malam ini aku mau menuntaskan akhir ceritaku di semester 1. Semester 1 adalah semester yang tentunya akan sangat berkesan bagiku, karena;

Di semester 1 ini aku mengenal undip, mengenal jurusan biologi, dan mengenal yang namanya ngampus. Mengenal teman-teman di jurusan untuk pertama kalinya dan juga mengenal kakak-kakak tingkat melalui acara PPM (pengenalan dan pengakraban mahasiswa) yang diselenggarakan oleh HMB beserta kakak-kakak tingkat lainnya dengan ketua PPM 2013 adalah mbak Ifa. Melalui PPM ini kami belajar saling mengenal, belajar toleransi, belajar menyampaikan pendapat serta belajar tentang kekompakan. Terima kasih kepada seluruh kakak-kakak biologi yang telah mengenalkanku dengan keluarga baru biologi dan khususnya keluarga GOLGI (Generation of Leadership Biologi) 2013. Perjuangan selama 1 semester akhirnya berbuah manis dengan segala tangis dan tawanya, hingga puncak acara aktualisasi terlaksana pada tanggal 19 Januari 2014 di lab.ekologi. Malam yang bersejarah, malam yang membuat hati kita terpaut satu sama lain, memiliki satu rasa yang sama, yakni terharu bahagia.

Di semester 1 aku berkenalan dan beradaptasi di lingkungan wisma, tempat tinggalku yang baru, rumah tempatku bernaung, tempat berbagi keluh kesah, tempat berbagi canda tawa, tempat menempa semangat baru, tempat aku dipertemukan dengan orang-orang hebat, dan tempat berkumpulnya keluarga baru, keluarga terdekat di Semarang ini. For information, ada something special di wisma shofiyah, yaitu adanya meja umat. Meja di mana semua makanan yang berlabuh di tempat itu menjadi hak millik umat.

Di semester 1, untuk pertama kalinya aku mengenal yang namanya laporan. Laporan yang berbeda, laporan yang spesial. Laporan praktikum dengan segala aturan maennya, dengan segala revisi dan sensasinya begadang serta keritingnya tangan (lebai sih). Sadar nggak sadar, dalam menulis laporan inilah kerja sama dan kekompakan kita diuji. Gimana caranya semua laporan beres, kegiatan PPM berjalan lancar, dan tugas angkatan terselesaikan. Lebih perjuangan bagi yang membuat laporan dengan beres tanpa adanya laptop dan handpone berkamera (tahun 2013).

Di semester 1 aku dikejutkan dengan soal-soal ujian yang jauh berbeda dengan SMA, yaitu mempelajari bahan sebanyak 5 bab dengan soal yang akan keluar hanya 5 soal. Berasa seperti permainan tebak-tebakan dipadu dengan pelajaran mengarang bebas. Atau malah bisa dianggap sebagai bejo-bejan alias ajang keberuntungan, bisa saja yang kita hafalkan yang keluar, dan bisa saja yang tidak kita pelajari itu yang keluar, atau bisa juga materi yang baru saja di baca tiba-tiba blenk dengan sendirinya menguap entah kemana. Yah, itu tergantung amal perbuatan masing-masing dan takdir ilahi tentunnya.

Di semester 1 aku menerima laporan hasil belajar selama 1 semester, yakni IP untuk pertama kalinya. IP yang sempat membuatku khawatir dan galau, menunggunya dengan perasaan deg-degan, serasa pertarungan hidup dan matiku di undip, karena menyangkut keberlanjutan beasiswaku bidikmidi di undip ini. IP yang akhirnya keluar dengan hasil yang kurang memuaskan tetapi tetap membuatku sangat bersyukur kepada Allah SWT yang tetap menyelamatkan beasiswaku. Alhamdulillah. Meski tercatat ada nilai C di sana dan hanya ada dua huruf A. Keep Hamasah untuk semester 2. Moga hasilnya lebih baik lagi, aamiin.

@my middle room, wisma shofiyah. April ‎26, ‎2014, ‏‎10:20:30 PM

4 thoughts on “UNDIP-Semester1#inspiratif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s