PMB Undip 2013 #JadiMaba2

Hari senin, 26 Agustus 2013 adalah hari pertama aku ikut kegiatan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) Undip 2013, yaitu upacara penerimaan mahasiswa baru dan bertemu teman-teman dari seluruh fakultas di Undip. Aku dan 6 maba di wisma shofiyah berangkat bareng naik angkot ke stadion Undip tembalang pake baju putih rok hitam dengan kerudung segi empat putih yang aku ribet banget makenya karena emang nggak pernah make. Nah, uniknya angkot di tembalang itu bisa dipesan menurut tujuan kita, meski itu di luar rute sebenarnya. Baru kutemui sistem seperti itu di tembalang. Jadi, sopirnya mau mengantarkan kita sampai ke stadion Undip. Ongkosnya 2500 per orang.

Sebelum upacara, ada gladi bersih dulu, nah pas gladi bersih itu kita masih semangat. Tapi pas acara sebenarnya berlangsung, malah sudah pada capek dan nggak fokus lagi. Momen yang mengharukan adalah ketika 11 ribu lebih calon mahasiswa Undip dalam satu lapangan serempak menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan kostum seragam putih hitam.

Lanjut hari ke-2, selasa 27 agustus 2013. PMB fakultas dimulai dengan upacara di lapangan depan dekanat FSM (Fakultas Sains dan Matematika), yang diikuti oleh seluruh anak FSM dari 7 jurusan. Berbagai sambutan-sambutan bergulir. Salah duanya adalah sambutan dari pak dekan kita yaitu pak Muhammad Nur dan sambutan dari ketua BEM FSM 2013 yaitu mas Andica Surya Anggara yang bercerita bahwa saat dia berdiri upacara sebagai maba, dia berkata kepada temannya bahwa kelak ia yang akan berbicara memberi sambutan di depan maba. Hingga akhirnya semuanya terbukti saat itu. Setelah selesai upacara, kita diminta membuat kelompok yang terdiri dari 7 jurusan dan 7 kelas PMB yang ada di FSM dan hanya diberi waktu beberapa menit (aku lupa). Heboh banget suasananya, kaya pasar yang lagi rame nawar-nawarin barang. Tapi, momen itu seru banget panitia terpadu) yang mengampu kelas kita. Aku masuk di kelas C dengan panter mbak mufri, mbak sabrina , mas rian, mas aziel, mas izzad dan mas anis. Bersama kelas C ini kami menjalani hari-hari PMB bersama selama seminggu. Setelah masuk kelas, banyak materi yang disampaikan, mulai dari materi tentang kurikulum, ke-diponegoro-an, hingga tentang pendidikan karakter dan sesekali diselingi hiburan. Ada juga games-games yang melatih kekompakan, kepemimpinan, dan kecekatan, misalnya games menggambar dengan suatu tema bersama kelompok dan games menyusun puzzle peta Indonesia. Hiburannya berupa senam, joged, dan film pendek tentang sejarah diponegoro serta video lainnya. Setiap selesai menonton video, pastinya kita diminta untuk mengemukakan pendapat atau hikmah dibalik video. Kelompok 7 orang ini adalah kelompok pembuatan film pendek tentang Undip yang di dalamnya harus memuat kita bertujuh. Film terbaik akan ditampilkan pada acara AMT (Achievement Motivation Training) FSM di LPPU.

Selesai itu, kita disuruh baris lagi menurut kelas masing-masing lalu masuk kelas didampingi kakak2 panter (tersebut. Kelas PMB ini dimaksudkan untuk saling mengenal teman dari berbagai jurusan, membentuk karakter mahasiswa serta melatih kita untuk berani mengemukakan pendapatnya sebagai mahasiswa. Tapi saat penutupan kelas PMB itu rasanya sedih karena bakalan berpisah dengan para anggota KeCe (Kelas C) yang udah akrab, begitu juga dengan kakak-kakak panter KeCe yang memang kece, rasanya udah deket dan baik banget. Di penutupan itu, kita disuruh menulis pesan dan kesan terhadap mbak-masnya selama PMB fakultas ini, serta diberi tugas membuat life mapping yang akan dikumpulkan juga ketika AMT. Berkesan banget deh PMB fakultas ini hingga penutupannya. Terimakasih buat seluruh panitia PMB FSM 2013 beserta kawan-kawan 2013.

Oh iya, sebelumnya, ada tugas angkatan dari kakak panitia PMB FSM untuk membuat formasi lambang Undip, dan kita berhasil melaksanakan tugas itu di depan LPPU menggunakan kertas karton, dengan hari sebelumnya latihan di stadion, berpanas-panas ria bersama FSM’13.

Di hari Sabtunya, alias hari terkhir PMB fakultas, ada berbagai lomba yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dan mencari potensi-potensi dari maba. Lomba ini wajib diikuti oleh seluruh maba, dan setiap kelompok ber-7 tadi harus mengirimkan delegasinya ke setiap lomba. Lomba yang ada yaitu basket, voli, rangking satu, dan lomba debat. Aku dipilih sebagai delegasi di lomba debat. Saat hari H barulah pemilihan kelompok debat. Kelompok debatku dinamakan kelompok Soekarno, yang beranggotakan 5 orang dari berbagai jurusan. Awalnya kita pesimis dan tidak menargetkan apa-apa, namun yang terjadi sangat mengejutkan. Kita lolos hingga babak semifinal di kelas itu (ada 4 kelas). Nggak nyangka kita bisa 3 kali maju debat. Selama 3 kali debat, aku selalu mewakili kelompokku untuk maju (3 orang per kelompok). Aku juga selalu berada di posisi puncak sebagai pengambil kesimpulan dan penutup debat. Juri debatnnya yaitu mas budi dan mas anis. Tema yang kami dapat adalah penggantian nilai rupiah (kontra), homeschooling (kontra), dansatu lagi lupa.

Di hari terakhir PMB fakultas kita manfaatkan untuk foto2 bersama maba wisma shofiyah, yaitu linda, nana, clara, dan aku. Untuk pertama kalinya kita pulang dari Undip ke wisma dengan jalan kaki bersama. Sepanjang jalan kita hanya foto-foto terus, foto di taman FSM, di Widya Puraya, di taman depan WP (foto dengan anak kecil lucu), dan di jalan sepanjang Undip. Sampai di bunderan Undip, kami beli es FresHasan karena siang itu panas banget. Serasa buka puasa dah. Pokoknya, PMB FSM 2013 berkesan banget!

Hari Minggunya, setelah PMB fakultas, seluruh maba diminta mengikuti acara Dipo Asri di stadion Undip dengan mengenakan seragam olahraga Undip. Saat itulah maba menyerahkan bibit pohon yang nantinya akan ditanam di area Undip agar lebih asri. Salah satu rangkaian GUB adalah membentuk formasi tulisan “UNDIP 2013”, dan itu membutuhkan waktu cukup lama, tapi berkesan!

December 24, 2013, 12:45:02 AM- April ‎26, ‎2014, 7:15 pm @wisma shofiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s