Yuk Kenalan dengan FSM Undip…!

Kampus FSM (Fakultas Sains dan Matematika) letaknya sangat strategis karena dikelilingi empat jalan besar dan dikelilingi oleh berbagai fakultas lain. FSM merupakan kampus yang indah karena di sana banyak terdapat pepohonan yang rindang. Ciri khas dari kampus FSM adalah adanya Taman Rumah Kita yang terletak di depan dekanat FSM. Taman Rumah Kita biasa digunakan untuk rapat atau sekedar sharing-sharing. Terkadang juga digunakan untuk mengamati burung-burung yang banyak bertengger di dahan-dahan pohon oleh kelompok pecinta alam.

Tempat yang paling familiar dengan anak FSM adalah taman baca. Tempat ini merupakan pusat ngumpul mahasiswa FSM yang strategis dan nyaman. Taman ini terdiri dari meja-meja  dan tempat duduk yang melingkari sebuah pohon, sehingga jika duduk-duduk di sini akan terasa sejuk. Taman baca ini sering digunakan untuk belajar, mengerjakan tugas, rapat, atau sekedar menghabiskan waktu luang dengan browsing internet. Hal yang menarik lainnya adalah tersedianya fasilitas wifi yang ada di berbagai tempat di FSM, sehingga kita bisa berselancar di dunia maya alias internetan secara gratis.

Keindahan lain dari kampus FSM yang tidak dimiliki fakultas lain adalah bangunan kampus yang didesain agar setiap kita keluar dari kelas, bisa langsung bertemu udara luar yang segar dengan pepohonannya yang rindang. Terkadang di dalam kelas kita bisa mendengar nyanyian burung-burung yang indah.

page

Meski banyak pepohonan dan taman-taman yang menghasilkan guguran daun-daun, namun kampus kita ini selalu tertata bersih dan rapi. Lingkungan asri ini dapat tercipta berkat adanya para pekerja taman yang senantiasa menjaga kebersihan kampus. Uniknya lagi, mereka mempunyai seragam dinas yang rapi dan berganti-ganti setiap harinya, salah satunya mengenakan seragam batik.

Selain taman baca, tempat favorit kedua bagi mahasiswa FSM adalah masjid fakultas, yaitu masjid Al-Kautsar. Masjid ini selalu ramai jika waktu solat tiba, bahkan sebelum dan sesudah waktu solat, masjid ini pun sudah ramai. Masjid bukan hanya sekedar tempat solat, tapi juga sering digunakan untuk kajian, syuro’, mengerjakan laporan, kumpul kerja kelompok ataupun sebagai tempat istirahat sejenak yang bisa mempertemukan kita dengan saudara di lain jurusan. Tempatnya pun nyaman karena ada pembatas antara ikhwan dan akhwat. Di masjid ini juga disediakan air minum beserta gelasnya secara cuma-cuma. Ada pula perpustakaan masjid yang menyediakan buku-buku islami bermanfaat. Jika mampir ke masjid FSM, temen-temen jangan lupa mengisi kotak infaq untuk kemakmuran masjid FSM kita yah!

Hal baru di FSM adalah dibangunnya kantin terpusat. Dulu kantin di FSM ada tiga, yaitu di sela-sela gedung perkuliahan. Namun sejak tahun 2014, kantin di FSM dijadikan terpusat di satu tempat saja, yakni terletak di dekat gedung geofisika. Dengan kantin terpusat, kawasan kampus menjadi lebih tertata rapi, namun kekurangannya, kantin terpusat ini terlalu sempit bagi ukuran kantin fakultas. Akibatnya, banyak mahasiswa yang akhirnya memilih untuk duduk lesehan di pelataran gedung geofisika yang belum digunakan.

Tempat favorit terakhir adalah perpustakaan FSM yang terletak di gedung dekanat lantai satu. Perpustakaan ini memiliki fasilitas memadai dan cukup bagus. Untuk informasi, Undip telah berlangganan website yang berisi jurnal-jurnal internasional, yaitu Science Direct yang bisa diakses di seluruh wilayah Undip. Pengelolaan perpustakaan FSM sebenarnya telah modern, namun kekurangannya adalah koleksi buku-buku yang kurang diperbaharui secara berkala.

Pesan bagi para putra-putri terbaik bangsa yang telah diterima menjadi mahasiswa baru FSM, gunakan waktu singkat di kampus tercinta ini sebaik-baiknya dengan mengikuti berbagai organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat teman-teman semua. Rajin-rajinlah mengikuti berbagai acara dan seminar yang banyak diadakan di Undip yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasan teman-teman. Semua info beasiswa, info lomba, maupun info seminar  biasanya diumumkan di mading, jadi sempatkan membaca mading yang terletak di lorong mading belakang gedung dekanat FSM. Akhir kata, selamat datang di kampus tercinta dan semangat berjuang Diponegoro Muda!

#Tulisan ini diterbitkan pada Majalah KAMMI MIPA Undip 2014

‎June ‎17, ‎2014, 11.08 AM, @my middle room Shofiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s