Sekedar Merasa Ada

Merasa ada. Ya, sekedar merasa ada adalah sebuah penghargaan dalam kehidupan. Keberadaan kita diakui adalah suatu kebahagiaan. Keberadaan kita bisa bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita. Tidak sulit untuk menjadi orang bermanfaat. Ingatlah bahwa ada dan tidak adanya kita harus ada perbedaan. Kita harus menjadi orang berpengaruh di lingkungan. Kalaupun belum bisa, berusahalah melakukan hal baik sekecil apapun itu, namun bisa kontinyu. Tidak usah mengharapkan apapun dari orang lain, namun berpikirlah positif bahwa Allah yang akan melihat dan membalasnya. Niatkan lurus karena ingin menjadi orang yang bermanfaat.

Rasulullah saw bersabda, ”sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”.

“Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu” (QS At-Taubah: 105)

Meski sebenarnya tidak melakukan apa-apa yang berarti, tapi setidaknya hati ini merasa senang, nyaman, dan tenang. Hanya berusaha membantu orang lain, meski itu hanya menemani ke kantin, menemani mengerjakan laporan, ataupun menemani ke perpustakaan. Dengan mencoba melakukan hal kecil itu, semoga yang kecil itu bisa bermakna bagi mereka. Dengan menolong orang lain, akan memberi dampak positif dan kebahagiaan tersendiri buat kita. Apabila kita melihat teman kita senang karena urusannya telah selesai, maka insyaallah kita akan senang juga.

“Orang yang membantu keperluan saudaranya hingga selesai, akan mendapat pahala yang besar dari Allah. Orang yang memudahkan urusan saudaranya di dunia, maka Allah akan memudahkan urusannya di akhirat, insyaallah”.

“Belum sempurna iman seseorang apabila belum mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”.

Dengan banyak membantu, otomatis mereka akan merasa nyaman dan senang, sehingga mereka juga tidak akan segan jika meminta bantuan kepada kita untuk hal lainnya. Kumpulkanlah ladang amal. Jadilah teman yang menyenangkan dan jangan merepotkan. Sebaliknya, jika kita yang banyak mendapatkan bantuan dari teman, jangan lupa untuk berterimakasih, mengingatnya, dan berusaha untuk membalas kebaikannya. Jangan lupa untuk selalu mendoakan teman kita.

“Mudahkan urusannya ya Allah, jangan Engkau persulit, karena ia tidak pernah mempersulit. Ringankan bebannya ya Allah, karena ia tidak pernah memberatkan”.

@ Middle room Shofiyah, June ‎11, ‎2014, ‏‎1:22:57 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s